Solusi E-Office dari Telkom Indonesia

e-OFFICE



Saat ini perusahaan-perusahan berkompetisi secara global untuk menyediakan akses terhadap informasi, meningkatkan produktivitas dan memberikan layanan secara cepat dengan biaya serendah mungkin.

Kemampuan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan partner, supplier, nasabah dan pegawai kapanpun, dimanapun, sekarang adalah suatu keharusan. Perangkat bantu yang memfasilitasi kegiatan kerja sehari-hari merupakan sistem yang harus disediakan oleh departemen IT [customer] untuk mempercepat proses kerja, mempermudah pencarian informasi, hingga menekan biaya operasional.

Telkom menawarkan solusi Office Automation System (e-Office) yang dapat digunakan oleh [customer] untuk dapat memudahkan operasional surat-menyurat secara elektronik. Solusi ini telah digunakan secara national wide di tubuh Telkom sejak periode 90-an dan terus dikembangkan hingga saat ini. Telkom dapat memberikan keyakinan kepada pelanggannya bahwa solusi e-Office ini dapat memberikan efisiensi yang sangat besar.

Proses pengiriman dokumen antar kantor cabang atau antar daerah yang memakan biaya sangat tinggi dapat dikurangi. Waktu yang diperlukan untuk membuat satu surat yang selama ini sangat lama, misalnya penyetuju surat tersebut sedang dinas di luar kantor dan tidak dapat menyetujui surat tersebut karena masih berbentuk hard-copy dan diperlukan kehadirannya di kantor, kini dapat dilakukan dengan sangat cepat dan dapat diakses meskipun dari luar kantor.

Selain itu proses pencarian dokumen hard-copy di masa yang akan datang akan sulit dilakukan karena tidak ada tempat penyimpanan secara elektronis. e-Office merupakan solusi untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan yang disebutkan di atas, dimana otomatisasi dari proses tersebut dengan tujuan paperless office akan menekan biaya operasional, meningkatkan produktivitas, efektivitas dan efisiensi baik untuk pegawai, partner, nasabah, supplier dan stakeholder. Biaya kertas, biaya pengiriman dokumen ataupun biaya fax sudah tidak diperlukan lagi. Proses persetujuan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pencarian dokumen dapat dilakukan dengan mudah. RANCANGAN SISTEM Office Automation System dipersiapkan untuk melayani kebutuhan otomasi proses bisnis surat menyurat internal perusahaan dengan kemungkinan pengembangannya di fase berikutnya untuk fitur-fitur office non-surat menyurat.

Rancangan sistem yang fleksibel tersebut dijelaskan sebagai berikut: Desain Workflow dan Implementasi Messaging Berbasiskan IBM Lotus Domino sebagai infrastruktur merupakan solusi yang dapat menjawab kebutuhan [customer] akan messaging, aplikasi platform termasuk integrasi dengan sistem lainnya. Beberapa keunggulan dari IBM Lotus Domino adalah:
Merupakan platform sebagai penyedia infrastruktur untuk workflow dan messaging yang solid dan sudah terbukti selama bertahun-tahun
Memberikan kemudahan bagi user melalui ‘Single Access Point’ untuk mendapatkan informasi email, calendar system, scheduling , to-do list serta integrasi dengan sistem yang lain.
Terintegrasi dengan user directory untuk menyediakan manajemen identity dan security yang baik.
Kemampuan kustomisasi untuk mengatur kebijakan maupun pengontrolan email baik untuk user perorangan atau organisasi.
Memiliki kemampuan clustering, full text searching,network compression dan replikasi antar server.
Mendukung konfigurasi centralized, distributed maupun kombinasi antara keduanya Desain aplikasi Nota Dinas Elektronik, telah mengakomodasi integrasi dengan email system.

Biaya yang ditawarkan TELKOM kepada Pelanggan Bisnis yang berminat untuk mendapatkan layanan E-Office adalah cukup hanya dengan membayar Rp 125.000,- (Seratus Dua Puluh Lima Ribu Rupiah) per User per Bulan.

Untuk berlangganan, Pelanggan Bisnis cukup menghubungi SME Center Terdekat atau melalui Account Manager TELKOM.Sumber : http://sme.telkom.co.id/produk_detail/55


Comments