Menu

Recent site activity

F. Akuntansi Periode Berjalan 2: Pencatatan Transaksi



Catatan disni merupakan ringkasan buku "Akuntansi Pengantar 1 Berbasis Matematika" yang di tulis oleh : Dr. Sonny Warsono, Arif Darmawan, dan M. Arsyadi Ridha. Buku ini sangat mudah untuk dimengerti, bahkan saya pun yg lulusan S1 Fisika, dapat dengan mudah mencerna isi buku ini :), silahkan cari buku ini di toko buku terdekat. 



Tujuan Pembelajaran 

  1. Menegaskan kembali pemahaman tentang pencatatan berpasangan (double-entry bookkeeping) dan ketentuan debet dan kredit 
  2. Memahami fungsi penjurnalan 
  3. Mengenali buku jurnal sebagai media penjurnalan 
  4. Mengidentifikasi langkah-langkah penjurnalan 
  5. Mendemonstrasikan penjurnalan transaksi di perusahaan jasa 
  6. Memahami fungsi pemindah-bukuan 
  7. Memahami format akun 
  8. Mengenali jenis-jenis buku besar
  9. Mengidentifikasi langkah-langkah pemindah-bukuan 
  10. Mendemonstrasikan pemindah-bukuan di perusahaan jasa

Pencatatan Berpasangan (Double-Entry Bookkeeping)


Fungsi Penjurnalan 

Penjurnala (journalizing) adalah meringkas transaksi secara urut waktu (kronologis). 

Buku Jurnal sebagai Media Penjurnalan 

Media pencatatan penjurnalan adalah buku jurnal. Terdapat dua (2) macam buku jurnal, yaitu buku jurnal umum (general journal) dan buku jurnal khusus (special journal). Perusahaakn kecil biasanya cukup menggunakan jurnal umum. Dalam jurnal umum semua transaksi ditampung dalam 1 buah buku yang format nya biasanya seperti berikut :

 Tgl     Nama Akun dan Deskripsi Singkat
 Debet 
(Rupiah)
Kredit 
(Rupiah) 
    
    
  Total  

Perusahaan biasanya menggunakan jurnal khusus. Setiap buku jurnal khusus menampung jenis transaksi tertentu. Contoh jurnal khusus diantaranya adalah :
  1. Buku jurnal penjualan kredit
  2. Buku jurnal pembelian kredit
  3. Buku jurnal penerimaan kas
  4. Buku jurnal pengeluaran kas
  5. Buku jurnal umum 

Langkah-Langkah Penjurnalan


Aplikasi Penjurnalan 


Pemindah-Bukuan 

Pencatatan akuntansi setelah penjurnalan adalah pemindah bukuan. Pemindah-bukuan (posting) adalah "memindahkan" akun-akun yang tercantum di buku jurnal ke akun-akun yang sama di buku besar. 

Buku besar merupakan buku yang berisi akun-akun. Berbeda dari buku jurnal yang berisi kumpulan ringkasan transaksi, buku besar berisi kumpulan akun dimana setiap akun memuat perubahan-perubahan yang terjadi di akun tersebut. Dengan adanya buku besar perusahaan dapat mengetahui perubahan setiap akun, dan mengetahui saldo (selisih penjumlahan sisi debet dan kredit) keuangan per akun setiap waktu. 

Bentuk Format Akun 

Teradapat empat format akun yang biasa digunakan (Rahmanti, 2004), yaitu : 

  1. Format T 
  2. Format saldo berjalan 
  3. Format saldo debet-kredit
  4. Format skontro

Jenis-Jenis Buku Besar

Terdapat dua (2) jenis buku besar, yaitu :
  1. Buku besar utama (general ledger) : berisi kumpulan akun yang tercantum di laporan keuangan. Nama akun yang ada di buku besar harus mengikuri nama akun yang tercantum di buku jurnal
  2. Buku besar pembantu (subsidiary ledger) : berisi kumpulan akun yang merupakan rincian/uraian dari akun yang ada di buku besar utama. Misalnya, akun piutang usaha di buku besar utama memiliki buku besar pembantu yang terdiri dari akun tuan Wawan, akun PT. Bimasakti, dll. 
Akun buku besar yang memiliki buku besar pembantu disebut akun kendali (control account). Saldo akun kendali harus sama dengan total saldo akun-akun di buku besar pembantu untuk akun-akun tersebut.  

Langkah-Langkah Pemindah Bukuan 


Aplikasi Pemindah-Bukuan 


Comments