Analisis Konsep dan Implementasi Wadi'ah Investasi Mudharabah Di PT. Asuransi Syari'ah Mubarakah Cabang Yogyakarta

Oleh : MUKRIMAH, Program Studi KEUANGAN DAN PERBANKAN SYARIAH, JURUSAN EKONOMI ISLAM SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) SURAKARTA, 2006

Asuransi Syariah sebagai salah satu Lembaga Keuangan Syariah Non Bank di Indonesia mulai mengembangkan sendiri produk Wadi'ah Investasi Mudharabah Asuransi Syariah sebagai salah satu produk yang cukup diandalkan. Produk Wadi'ah Investasi Mudharabah merupakan Asuransi perorangan dengan premi singel, khusus bagi ummat yang mewadiahkan uangnya untuk keperluan yang belum ditentukan, hanya untuk mendapatkan nilai tambah halal dari dana yang diwadi'ahkan. Produk Wadi'ah Investasi Mudharabah mulai banyak diminati masyarakat, terutama bagi mereka yang mewadi'ahkan uangnya untuk keperluan yang belum ditentukan atau masa yang akan datang.

Berdasarkan analisis yang telah penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa konsep dan implementasi Wadi'ah Investasi Mudharabah di PT. Asuransi Syariah Mubarakah Cabang Yogyakarta, telah sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional No. 21 DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Umum Asuransi syariah.

Kata kunci: wadi'ah, investasi, mudharabah.


Ċ
Wildan Maulana,
25 Nov 2010, 07:56
Comments